Skip to main content

Interior Design Rumah Minimalis Khas Jawa

Bercerita tentang desain rumah, seakan-akan tidak pernah ada habisnya. Rumah adat daerah yang istimewa dan etnik tak akan pernah ditinggalkan sampai kapan pun. Salah satu design rumah minimalis yang akan saya bahas kali ini adalah rumah minimali khas Jawa. Rumah adat Jawa merupakan pemandangan yang sering anda lihat di sekitar anda, bahkan sampai daerah lainnya dimana orang Jawa merantau. Bagi orang Jawa yang modern, design rumah adat khas Jawa merupakan pilhan yang tepat untuk menonjolkan rumah yang etnik tetapi tidak ketinggalan jaman.

Berikut beberapa interior design rumah khas Jawa :


1. Material kayu jati yang digunakan berkualitas nomer satu : kayu jati yang biasanya digunakan yaitu kayu jati yang sudah benar-benar tua. Dengan material kayu jati yang seperti ini, secara tidak langsung akan memberikan aura yang kuat dan kokoh dalam sebuah bangunan rumah anda.
2. Mempunyai soko guru (4 tiang penyangga utama) sebagai penyangga utama rumah : bangunan rumah minimalis khas Jawa mempunyai 4 pilar utama. Soko guru bangunan-bangunan Jawa diperhitungkan kuat dan kokoh untuk menahan daerah-daerah yang rawan gempa.
3. Memiliki atap model semi-semi pyramid : atap rumah khas Jawa memiliki model semi-semi pyramid. Namun, atap rumah khas Jawa ini memiliki design kemiringan yang agak ekstrim. Hal ini bertujuan untuk mempercepat mengalirnya air hujan, sehingga atap rumah anda cenderung cepat mongering apabila terjadi hujan.
4. Memiliki hitungan-hitungan dimensi lain sebelum membangun : dalam membangun rumah, ada perhitungan hari dan tanggal-tanggal tertentu yang tidak boleh dilanggar. Terdengar klenik memang, akan tetapi sebagian orang Jawa mempercayai akan hal ini. di dalam masyarakat Jawa biasa disebut dengan ilmu kejawen.

Interior design rumah minimalis khas Jawa ini juga memiliki keistimewaan-keistimewaan lain. Design rumah minimalis khas Jawa ini kaya akan filosofi dan pelajaran kehidupan. Sungguh menarik bukan? Semoga artikel ini dapat membantu menginspirasi anda dalam menata rumah minimalis khas Jawa anda. Terima kasih.

Comments