Skip to main content

Cara Menjadikan Dapur Aman dan Nyaman

Dapur rumah merupakan tempat yang paling sering disinggahi oleh binatang seperti tikus. Selain itu keamanan dapur rumah juga harus selalu diperhatikan dibandingkan keamanan pada ruangan lain. Karena dapur rumah memiliki beberapa peralatan yang bisa membahayakan apabila tidak dijaga dengan baik. Terlebih lagi apabila anda memiliki anak yang masih kecil dan suka bermain di dalam rumah. Lalu bagaimanakah cara untuk menjaga dapur rumah agar tetap aman


Cara Menjadikan Dapur Aman dan Nyaman

Berikut ini kami akan memberikan tips bagaimana sebenarnya Cara Menjadikan Dapur Aman dan Nyaman.
• Simpan Alat Dapur
Beberapa alat dapur yang berbahaya sebaiknya disimpan di lemari dapur. Seperti contohnya benda-benda tajam. Karena bukan tidak mungkin saat anak sedang bermain, anak anda akan mengambil alat-alat dapur yang mudah ia jangkau. Untuk itu selalu simpan alat dapur anda pada tempat yang paling aman apabila alat tersebut berbahaya bagi anak-anak.

• Kompor
Saat anda tidak berada di dapur cobalah untuk mencabut pematik kompornya. Karena penyebab kebakaran yang paling utama adalah kompor. Anak-anak memiliki rasa ingin tau yang sangat tinggi, sehingga ia selalu ingin mencoba benda-benda yang telah kita pakai. Untuk itu demi menjaga keamanan dapur sebaiknya jauhkan kompor dari jangkauan anak anda.


Cara Menjadikan Dapur Aman dan Nyaman
• Tabung Gas
Tabung gas juga merupakan alat yang rawan dan berbahaya di dapur. Selalu periksa tabung gas anda baik ketika anda akan memasak ataupun ketika anda akan meninggalkan rumah. Apabila tercium bau gas yang sangat menyengat pada dapur anda, jangan menyalakan kompor dan segera buka semua ventilasi udara pada semua ruangan anda. 

• Ventilasi Dapur
Ventilasi dapur adalah hal yang paling bermanfaat untuk mengamankan dapur anda. Dengan jendela yang lebar pada dapur akan membuat sirkulasi udaram masuk dan membuat dapur lebih sehat. Ventilasi dapur yang baik juga akan mencegah terjadinya kebakaran akibat tabung gas bocor. Namun jika dapur terasa sudah benar-benar aman dan anda sudah selesai memasak jangan lupa untuk menutup jendela dapur, agar hewan tidak masuk ke dapur anda.

Demikian ulasan tentang Cara Menjadikan Dapur Aman dan Nyaman. Semoga tips diatas menjadi tips yang bermanfaat untuk anda apabila anda sedang berpergian atau tidak berada di dapur.

Comments