Skip to main content

Tips Membersihkan Dapur Rumah

Tips Membersihkan Dapur Rumah
Dapur merupakan ruangan yang paling sering kotor diantara ruangan lain di area rumah. Hal ini karena dapur merupakan ruangan yang sering digunakan untuk aktifitas memasak. Selesai memasak kita pasti sering menyisakan sampah-sampah dari beberapa bahan masakan yang kita buat. 


Tips Membersihkan Dapur Rumah
Dapur yang kotor juga sangat tidak baik bagi kesehatan kita, karena hal itu berpengaruh terhadap makanan yang kita masak di dapur. Untuk itu sangat penting sekali bagi kita untuk menjaga kebersihan dapur. Lalu bagaimanakah cara membersihkan dapur yang benar? Berikut ini kami akan memberikan tips membersihkan dapur rumah untuk anda.

1. Sebelum membersihkan dapur kita harus mempersiapkan beberapa alat seperti semprotan desinfektan, pembersih anti bakteri, pembersih lantai, spons, lap, sarung tangan dan lain-lain.

2. Marilah kita membersihkan segala peralatan makan dan peralatan masak terlebih dahulu, Beberapa diantaranya adalah piring, gelas, sendok, garpu, pisau, wajan, panic dan semua alat penggoran yang masih kotor. Cuci semua benda tersebut dengan menggunakan spons dan sabun pencuci piring.

3. Kemudian bersihkan rak dan lemari dapur anda. Pertama tama lap semua sisi lemari dan rak dengan kain. Untuk pintu lemari dapur anda dapat membersihkannya dengan sedikit sabun yang dicampur dengan air hangat. Apabila lemari anda terbuat dari kayu, anda bisa menggunakan pembersih kayu tertentu untuk menghindari resiko kayu akan rusak.

Tips Membersihkan Dapur Rumah
4. Setelah rak dan lemari terlihat bersih, hal yang harus anda lakukan adalah membersihkan kompor, lemari es dan oven (apabila memiliki oven ataupun lemari es). Untuk membersihkan oven dan kompor anda hanya perlu membersihkannya dengan sabun pembersih dan didiamkan selama 30 menit kemudian lap dengan menggunakan spons. Sementara untuk membersihkan lemari es, matikan dahulu listrik pada lemari es lalu keluarkan rak yang ada pada lemari es dan rendam dengan air sabun. Tunggu beberapa menit lalu bilas dengan air biasa.

5. Setelah semua alat dicuci, bersihkanlah wastafel anda dengan menggunakan lap microfiber. Jangan lupa bersihkan pula bagian meja dapur yang terlihat kotor dengan pembersih anti bakteri yang sudah disiapkan tadi.

Demikian beberapa cara dan tips membersihkan dapur rumah. Untuk membersihkan bagian dapur secara menyeluruh hanya dibutuhkan waktu sebulan sekali. Namun anda tetap perlu memperhatikan kebersihan dapur rumah anda setiap hari. 

Comments