Skip to main content

Tips Merawat Alat Dapur Rumah

Alat dapur merupakan bagian-bagian dari dapur. Kebersihan dapur juga dinilai dari bersihnya alat-alat dapur anda. Untuk itu penting sekali bagi anda untuk membersihkan alat-alat dapur anda. Alat dapur yang kotor juga akan menebarkan kuman pada dapur anda sehingga berdampak pula pada makanan dan minuman yang ada di dapur anda. Lalu bagaimanakah cara merawat alat dapur agar selalu bersih? 


Tips Merawat Alat Dapur Rumah


Berikut ini kami akan memberikan tips merawat alat dapur rumah untuk anda.
1. Mencuci Panci dan Wajan
Ketika anda sedang memasak, pasti anda menggunakan kedua alat ini. Agar kebersihan dapur anda tetap terjaga usahakan untuk selalu mencuci panci dan wajan anda setelah memakainya. Begitu pula ketika anda usai makan dan minum, segeralah untuk mencuci piring dan gelas yang telah anda pakai. Jangan biarkan cucian menumpuk terlalu lama, karena akan menimbulkan kuman yang bersarang di dapur anda.

2. Pisau Dapur
Pisau dapur merupakan benda tajam yang cukup berbahaya. Namun anda tidak perlu khawatir. Karena benda ini tidak memerlukan perawatan khusus untuk membersihkannya. Sama seperti alat dapur lainnya, ketika telah memakai pisau, haruslah di cuci kembali. Jangan lupa lap pisau dapur dengan kain bersih agar tidak karatan. Kemudian letakkan pisau pada tempat khusus yang aman.


Tips Merawat Alat Dapur Rumah
3. Talenan
Talenan merupakan alat dapur yang paling sering digunakan berkali-kali dan tanpa di cuci. Kadang kita seringkali menggunakan talenan untuk memotong beberapa bahan masakan. Seperti contohnya memotong ikan atau ayam. Seharusnya setelah kita menggunakan talenan untuk memotong ikan, kita harus mencucinya kembali. Tapi beberapa orang menggunakan talenan berulang-ulang tanpa di cuci. Biasanya setelah memotong ikan langsung digunakan kembali untuk memotong sayuran. Padahal ikan yang dipotong belum tentu bersih dan banyak kuman yang menempel. Untuk itu agar kuman tidak berpindah pada makanan lain, sudah seharusnya kita mencuci talenan setelah di pakai.

Demikian tips merawat alat dapur rumah dengan mudah. Mungkin alat dapur diatas terlihat remeh dan tidak terlalu penting untuk di rawat. Namun yang harus anda perhatikan adalah sekecil apapun alat dapur yang anda gunakan, anda berkewajiban untuk merawatnya agar tetap bersih dan aman untuk anda gunakan.

Comments